Mengenal Tubuh dan Pikiran Kita Sendiri

Ketika saya menjalani hari saya hari ini, saya akan mengingatkan diri saya untuk santai. Tetap longgar.
Bersikap fleksibel dalam tubuh dan pikiran saya.

Sangat penting untuk tetap longgar dan santai dalam pikiran dan tubuh. Untuk menikmati hidup Anda, Anda harus santai. Ketika kita masih anak-anak, tubuh kita longgar, rileks, dan fleksibel. Kita bisa melakukan split, flips, jump, dan twists tanpa memikirkannya. Kami murni pikiran dalam tubuh bayi.

Tapi Anda tidak pernah terlalu tua – kita terlalu tegang, terlalu kaku. Kami terlalu banyak berpikir. Salah satu pelajaran paling penting yang dapat Anda pelajari saat melakukan Latihan Shaolin adalah bagaimana mendapatkan kembali relaksasi dan fleksibilitas seperti anak kecil – untuk berada di rumah sendiri di tubuh Anda. Tidak ada bedanya jika Anda berusia dua puluhan, lima puluhan, atau delapan puluhan. Bersantai. Tidak pernah merasa tua. Katakan pada diri Anda bahwa Anda tidak bertambah tua setiap tahun – Anda semakin muda!

Sifu menjelaskan bahwa ada dua jenis meditasi: meditasi tindakan dan meditasi tanpa tindakan. Di Barat, kita paling akrab dengan jenis tanpa tindakan. Kita semua dapat membentuk gambar bhikkhu-bhikkhu Buddha yang duduk dengan kaki bersilang dan mata tertutup, diam dan diam, berjam-jam, ketika mereka berusaha untuk mencapai pencerahan.

Satu-satunya masalah adalah bahwa terlalu banyak meditasi tanpa tindakan dapat berdampak buruk pada sendi, punggung, leher, seperti duduk di depan komputer sepanjang hari. Inilah yang Da Mo lihat terjadi pada para biksu di Shaolin. Mereka menghabiskan begitu banyak waktu duduk bermeditasi sehingga tubuh mereka sekaku boneka kayu. Dia melihat bahwa Ba Tuo tidak memberi mereka alat yang tepat untuk menyesuaikan agama Buddha dengan kehidupan Cina. Mengapa kita bermeditasi? Untuk membersihkan pikiran kita dan membuka hati kita. Tetapi jika kita membebani tubuh kita dengan ketegangan dan rasa sakit, pikiran dan hati kita tidak dapat dibersihkan. Pikiran Anda, hati Anda, dan tubuh Anda tidak dapat dipisahkan.

Kung fu adalah meditasi tindakan. Tujuan dari kung fu adalah untuk merilekskan tubuh dan pikiran Anda, untuk memperluas tubuh dan pikiran Anda, untuk membersihkan tubuh dan pikiran Anda. Bersantai dalam tubuh Anda, dan santai dalam hidup Anda, adalah cara Anda hidup sepenuhnya di masa sekarang, mengalami saat ini, di sini dan sekarang.

Di dunia modern kita, ada manfaat lain dari meditasi tindakan. Kita semua memiliki kehidupan, pekerjaan, keluarga. Kami memiliki hal-hal luar biasa yang datang ke kehidupan kami setiap hari. Siapa di antara kita yang memiliki waktu untuk duduk dan bermeditasi selama berjam-jam sehari, seperti biksu di biara? Seperti yang akan Anda ketahui, setengah jam meditasi tindakan bisa sama membebaskannya, bagi tubuh dan pikiran dan hati Anda, sama seperti beberapa jam meditasi tanpa tindakan.

Kung fu dan seni bela diri merupakan bentuk meditasi tindakan yang halus. Tetapi program latihan apa pun dapat berupa meditasi tindakan – berlari, berenang, bermain tenis, mengendarai sepeda. Di Barat, kita berbicara tentang hal itu dalam latihan rutin di mana kita “masuk zona,” di mana kita “melepaskan endorfin,” di mana kita mencapai “tinggi pelari.” Itu semua adalah cara Barat untuk mendekati konsep yang sama: meditasi tindakan. Pikiran yang rileks dalam tubuh yang rileks.

Saat Anda menjalani hari Anda hari ini, rileks. Tetap longgar. Bersikap fleksibel dalam tubuh dan pikiran Anda. Nikmati hidup indah Anda setiap menit sepanjang hari.

Dicetak ulang dari: Latihan Shaolin: 28 Hari untuk Mengubah Tubuh dan Jiwa Sang Pejuang oleh Sifu Shi Yan Ming © 2006 Rodale Inc. Izin diberikan oleh Rodale, Inc., Emmaus, PA 18098. Tersedia di mana pun buku dijual atau langsung dari penerbit dengan menelepon (800) 848-4735 atau mengunjungi situs web mereka di www.rodalestore.com.

Penulis
Sifu Shi Yan Ming, seorang biksu prajurit Shaolin generasi ke-34, dihormati tidak hanya di dunia seni bela diri tetapi juga di dunia hiburan oleh bintang-bintang seperti Jet Li, Jackie Chan, Wesley Snipes, dan Klan Wu-Tang. Kelas kung fu miliknya telah ditampilkan di USA Today, The New York Times, New York Daily News, dan Entertainment Weekly. Brian Gray dari majalah Inside Kung Fu menyebutnya “harta hidup Tiongkok.” Dia juga muncul di Discovery Channel, MTV, dan CNBC, di antara jaringan utama lainnya. Sifu Shi Yan Ming tinggal di Kota New York.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>